Merapi Masih Siaga, Jangan Lengah!

Siaga Merapi 2021
Siaga Merapi 2021

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengumumkan, status Gunung Merapi, 5 November 2020 dinaikkan dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III). Sampai dengan awal 2021, status Siaga masih berlangsung.

Menanggapi status Siaga ini, Peduli Muslim yang merupakan potensi SAR DIY menghimpun relawan untuk mempersiapkan tenaga dan melakukan mitigasi. Sebanyak satu pleton atau kurang lebih 30 relawan Peduli Muslim didaftarkan dalam Siaga Merapi SAR DIY ini, disertai beberapa aset kendaraan.

Beberapa giat relawan dilaksanakan, seperti pengecekan peralatan dapur umum, tenda pleton, kondisi kendaraan, alat pelindung diri dan lain-lain. Pada bulan Januari 2021 Gunung Merapi mengalami aktivitas yang intens, kondisi ini direspon dengan adanya piket harian oleh SAR DIY di beberapa Pos Lapangan (Poslap), seperti di Poslap Cangkringan dan Poslap Glagaharjo.

Program ini tentu menjadi perhatian utama Peduli Muslim untuk saat ini dikarenakan, Gunung Merapi berada di DIY yang merupakan rumah dari Peduli Muslim, Merapi memiliki siklus erupsi yang terprediksi, status Siaga Merapi belum diketahui sampai kapan, dan Peduli Muslim dipercaya oleh SAR DIY sebagai salah satu potensi SAR yang nantinya fokus operasional dan dapur umum.

Dalam kondisi Siaga seperti saat inipun operasional terhitung cukup tinggi. Oleh sebab itu kami mengajak kaum muslimin, warga masyarakat Jogja, maupun masyarakat umum untuk dapat bersinergi dengan kami, dan mendukung kami dalam Piket Siaga Merapi 2021 ini dengan do’a dan mendonasikan hartanya melalui Peduli Muslim.

Donasi dapat disalurkan melalui:

🌏 https://bit.ly/merapi2021

____

Broadcasted by:

⎮Peduli Muslim
⎮Instagram: @pedulimuslim
⎮Telegram: t.me/PeduliMuslim
⎮Facebok: @pedulimuslim
⎮Web: pedulimuslim.com
⎮Twitter: @PeduliMuslim

Leave a Reply