Juli Recap – Laporan Bulanan Penyaluran Bantuan Domestik

Berikut laporan penyaluran bantuan dari zakat maal, dhuafa & yatim, dan janda & muslimah pada bulan Juli 2024.

Zakat Maal 1
Santunan untuk 203 orang dhuafa & muallaf di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat dalam program khitan massal yang diadakan oleh SurauTV & Dareliman Peduli.

Zakat Maal 2

Seorang armala lansia yang tinggal seorang diri tinggal di rumah seadanya. Zakat dibelikan barang-barang logistik yang mendesak. Lokasi: Karangmojo, Gunungkidul.

Zakat Maal 3

Penerima zakat adalah seorang laki-laki kepala keluarga yang didiagnosa tumor paru-paru. Pekerjaan sehari-hari sebagai penjual makanan angkringan. Istri beliau sudah meninggal, memiliki dua orang anak yang masih sekolah. Beberapa hari setelah menerima bantuan dari Peduli Muslim, beliau wafat. Dokumentasi diwakilkan oleh kakak beliau. Lokasi: Mantrijeron, Yogyakarta.

Zakat Maal 3

Penerima zakat adalah seorang relawan yang rajin mengikuti giat sosial kemanusiaan, domisili Magelang, anak beliau mendapat musibah kecelakaan, dan tidak memiliki jaminan kesehatan. Lokasi: Magelang.

Zakat Maal 4

Beliau adalah seorang remaja usia 19 tahun yang menderita sakit cukup kronis, sehingga memerlukan terapi rutin di RS, dan masih rutin terapi di RS Sardjito. Ayah beliau sudah meninggal, ibu tidak ada kontak lagi. Tinggal bersama kakek dan neneknya. Sementara berhenti sekolah karena kondisi dan malu jika mendapat perundungan. Namun semangat belajarnya tinggi. Lokasi: Panggang, Gunungkidul.

Zakat Maal 5

Beliau seorang kepala rumah tangga dengan seorang istri dan anak, bekerja serabutan. Istri beliau hamil dan harus dilakukan tindakan operasi cesar. Beliau memiliki keanggotaan BPJS, namun untuk kebutuhan operasional selama di rumah sakit beliau kesulitan. Dokumentasi diwakilkan kakak beliau, karena beliau fokus di RS. Lokasi: Banyuwangi.

Zakat Maal 6

Keluarga dhuafa dengan empat orang anak, salah satunya menderita lumpuh sejak lahir. Lokasi: Gunungkidul.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *