Tentang Peduli Muslim

Peduli Muslim pada mulanya merupakan bidang kerja di bawah Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari (YPIA). YPIA merupakan yayasan dakwah yang memfokuskan kegiatannya di bidang dakwah mahasiswa dan pendidikan Islam.

Dalam hal dakwah mahasiswa, kegiatan YPIA diwujudkan dalam bentuk pengadaan kursus bahasa arab dasar, kajian islam intensif, dan perintisan pesantren mahasiswa. Adapun pembinaan umat secara umum, diwujudkan dalam bentuk penyebaran buletin dakwah At-Tauhid, pengelolaan situs dakwah muslim.or.id dan muslimah.or.id, pengadaan radio muslim melalui jalur internet dengan alamat radiomuslim.com dan penyelenggaraan kajian umum bulanan.

Seiring waktu berjalan, YPIA membuka donasi kasuistik pada momen-momen musibah yang menimpa kaum muslimin, seperti Gempa Padang, Tragedi Penyerangan Syi’ah di Dammaj, Agresi Bani Israel di Gaza tahun 2009, dan bencana alam Gunung Merapi 2010.

Setelah penyelenggaraan kegiatan-kegiatan kasuistik tersebut, terbesit pikiran di antara para pengurus yayasan untuk membuat bidang khusus kemanusiaan yang permanen, agar pengelolaan donasi untuk membantu meringankan beban kaum muslimin yang tertimpa musibah menjadi lebih tertata, terencana, dan profesional.

Untuk itulah pada awal tahun 2013, Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari membentuk bidang kerja baru, Bidang Sosial Kemanusiaan. Tim yang bekerja di bidang ini kemudian disebut sebagai Tim Peduli Muslim.

Setelah sekitar 3 tahun berjalan, para pembina dan pengurus YPIA bersepakat bahwa Tim Peduli Muslim perlu dipisah dengan badan hukum sendiri, agar kegiatannya bisa lebih fokus ke bidang sosial dan kemanusiaan.

Akhirnya, pada 10 Desember 2015, Peduli Muslim resmi berdiri menjadi yayasan dengan badan hukum tersendiri, dengan dikeluarkannya Keputusan Kementrian Hukum dan HAM mengenai pengesahan Yayasan Peduli Muslim, dengan nomor surat pengesahan: AHU-0030474.AH.01.04.Tahun 2015

Dewan Pembina:

  1. Ustadz Abu Sa’ad Muhammad Nurhuda, M.A. (Ketua Dewan Pembina)
  2. Ustadz dr. Adika Mianoki
  3. Ustadz Afifi Abdul Wadud, B.I.S
  4. Ustadz Abu Salman Slamet Suhardi, B.I.S
  5. Bapak Khanif Muslim, S.Pd

Dewan Pengawas

  1. dr. Muhammad Ariffudin, Sp.Ot (Ketua Dewan Pengawas)
  2. Ustadz Noor Ahmad Setiawan, S.T, M.T, Ph.D
  3. Ustadz Aris Munandar, S.S, M.Pd.I
  4. Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, S.T, M.Sc
  5. Bapak Muhammad Syahrul Huda, S.E
  6. Bapak Drs. Taruna Gunawan

Pengurus Inti

  • Ketua Umum: Ginanjar Indrajati Bintoro
  • Bendahara: Ramdhan Hidayat, S.T
  • Sekretaris: Taufik Raharjo