Penyerahan Bantuan Kemanusiaan di Kota Idlib Suriah (26 Juli 2013)

Pada hari Kamis, 26 Juli 2013, pukul 08.00 waktu Suriah, rombongan tim relawan Peduli Muslim mulai berangkat ke lokasi penyerahan bantuan di wilayah Idlib. Tempat pertama yang kami datangi adalah sebuah gudang yang digunakan untuk menampung lebih dari 100 paket bahan makanan yang sudah kami siapkan pada hari sebelumnya. Kami dibantu oleh warga lokal yang senantiasa mengantarkan kami ke berbagai tempat untuk mengalokasikan bantuan.

Bantuan yang kami sebar masih seputar Idlib. Walaupun Idlib termasuk kota kecil, tetapi wilayah sekitar Idlib cukup luas sebagaimana D.I.Yogyakarta yang meliputi Gunung Kidul, Sleman, Bantul dan Kulon Progo. Oleh karena itu, penyebaran bantuan kali ini cukup memakan waktu.

Kebanyakan tempat yang kami kunjungi adalah sekolah-sekolah yang menjadi tempat pengungsian bagi warga yang terimbas perang, baik yang rumahnya hancur maupun yang kepala keluarganya meninggal akibat terkena ledakan bom.

Selesai membagikan bantuan, kami pun pulang menuju tempat persinggahan pada pukul 16.00 waktu setempat. Sambil menunggu berbuka, kami beristirahat di masyfa (bilik pengobatan / rumah sakit kecil) dan mengobrol dengan anak-anak muda yang tinggal di sekitar masyfa tersebut. Ternyata mereka adalah anggota ahrorus-syam yang bermarkas di Ihsim wilayah Idlib.

Waktu berbuka pun tiba dan kami diajak untuk berbuka di rumah anak muda (anggota ahroru-syam), yang tinggal berdekatan dengan masyfa. Sekali lagi, kami mendapatkan penghormatan sebagai tamu oleh orang Arab. Kami dapati bahwa orang Arab Suriah sungguh sangat luar biasa dalam menjamu tamunya. Walhamdulillah.

(Abu Abdillah Al-Kautsari)

Kaum muslimin yang ingin berpartisipasi dengan Peduli Muslim dalam Misi Kemanusiaan Suriah ini, dapat menyalurkan donasinya melalui rekening:

BNI Syariah Yogyakarta dengan nomor rekening 024.191.3801 atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari

Donatur yang telah menyerahkan bantuan, dimohon memberikan sms konfirmasi ke nomor HP: 0896.3612.86.89 (Taufik Raharjo), dengan format sebagai berikut:

  • DonasiSuriah#Nama#Alamat#JumlahTransfer#Bank# TanggalTransfer

Contoh: DonasiSuriah#Muhammad#Semarang#1.000.000#Mandiri#21/11/2012

Sebagai pertanggung jawaban atas kegiatan ini, perkembangan penyaluran donasi dan laporannya insya Allah akan kami update secara berkala melalui page facebook Peduli Muslim (facebook.com/Peduli.Muslim), serta situs pedulimuslim.com


Adapun kaum muslimin yang ingin berpartisipasi dari sisi pembiayaan operasional relawan, dapat menyalurkan donasinya melalui rekening berikut:

BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta, dengan nomor:

  • 77.55.33.11.15 (Umum, infaq, sedekah, & tanggap bencana)
  • 77.55.33.11.26 (Zakat Mal)
  • 77.55.33.11.37 (Misi Kemanusiaan Luar Negeri)
  • 77.55.33.11.48 (Operasional & Relawan)

Semuanya atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari

  • Rekening di atas bisa menerima transfer dari Bank manapun.
  • Untuk transfer via ATM / Internet Banking, gunakan kode bank tujuan “BNI” – Untuk transfer dari luar negeri, gunakan Swift Code: BNINIDJA (Sistem banking BNI Syariah terkoneksi dengan BNI Konvensional) Jazakumullah khaira

*) Semua uang yang ada di dalam rekening ini adalah milik kas Peduli Muslim, tidak tercampur dengan uang pribadi.

  • Mohon setiap setelah mengirimkan donasi, diharap agar menyampaikan konfirmasi via sms ke nomor +62.8232.258.9997 (Ramdhan Hidayat)

Semoga Allah ta’ala mengikhlaskan ucapan dan langkah-langkah kita untuk ikut serta meringankan beban dan derita yang dialami oleh saudara-saudara kita di Suriah. Sesungguhnya Allah ta’ala Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan doa. Aamiin.

—————-

Misi Kemanusiaan Peduli Muslim di Suriah

Leave a Reply