Kebutuhan Paling Mendesak di Suriah Saat Ini (Update 27 Juli 2013)

(Laporan dari Tim Relawan Peduli Muslim di Suriah)

Setelah melihat kondisi saudara-saudara kita di Suriah, kami melihat ada empat hal yang paling mendesak untuk dipenuhi:

I. ULAMA DAN THULABUL-ILM

Kami dapati banyak sekali kaum muslimin Suriah tidak mengetahui perkara yang mungkin bagi kita suatu masalah sederhana, seperti contohnya:

  • Kalau selesai kencing, harus beristinja’
  • Pentingnya sholat berjamaah
  • Pengagungan sunah-sunah Nabi, dan lain-lainnya

Jangan sampai kita bisanya hanya berkomentar saja, dengan mengatakan, “Di sana banyak sekali bid’ah, banyak penyelewang syariah!” Akan tetapi, kita berteriak tanpa memberikan solusinya.

Semoga ada ikhwah dari kalangan da’i dan thulabul-ilm ahlus sunnah (penuntut ilmu syar’i), yang mau mewakafkan ilmu dan waktunya bersama-sama dengan kaum muslimin Suriah.

II. MOBIL AMBULANCE DAN TIM MEDIS

Mengapa kami lebih memilh Ambulance? Ini karena Ambulance lebih efektif dan mobilitasnya lebih cepat daripada rumah sakit lapangan. Kami berharap agar di antara kaum muslimin, ada donatur yang siap untuk membantu pengadaan kebutuhan Ambulance ini.

Saat ini, dibutuhkan Ambulance dan relawan tim medis (dokter), yang bisa berpindah-pindah dari tempat ke tempat, dari kamp pengungsi ke kamp yang lainnya, dari medan perang di garis depan ke medan perang bagian belakang, menolong warga sipil yang terluka, dan berbagai pelayanan kesehatan yang lain.

Mengapa kami lebih memilh Ambulance? Ini karena Ambulance lebih efektif dan mobilitasnya lebih cepat daripada rumah sakit lapangan. Kami berharap agar di antara kaum muslimin, ada donatur yang siap untuk membantu pengadaan kebutuhan Ambulance ini.

III. BANTUAN MODAL USAHA ATAU LAPANGAN PEKERJAAN

Dalam kondisi darurat, rakyat Suriah membutuhkan bantuan logistik dengan segera. Akan tetapi, meskipun konflik ini berlangsung lama, mereka tidak mungkin terus menerus bergantung pada bantuan logistik yang sifatnya konsumtif (sekali makan / pakai, habis). Mereka perlu mendapatkan “pancingan” berupa bantuan modal usaha atau lapangan pekerjaan, sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.

IV. SEKOLAH-SEKOLAH DARURAT

Sejak krisis Suriah meledak, sekolah-sekolah semua tutup. Anak-anak usia sekolah semuanya libur tanpa batas. Lebih parah lagi, di kamp-kamp pengungsian, anak-anak berubah menjadi liar, setiap oang asing yang datang selalu dimintai uang. Mereka cenderung meminta-minta mata uang lira kepada siapa saja yang datang.
Kaum nasrani memanfaatkan kesempatan ini untuk bergerak di kamp-kamp pengungsian dan mendirikan sekolah-sekolah darurat di tempat-tempat tersebut.

Tim Peduli Muslim meninjau bangunan yang hancur.

Tim Peduli Muslim meninjau bangunan warga Suriah yang hancur karena serangan tentara rezim Bashar Al Assad

—-

Kaum muslimin yang ingin berpartisipasi dengan Peduli Muslim dalam Misi Kemanusiaan Suriah ini, dapat menyalurkan donasinya melalui rekening:

BNI Syariah Yogyakarta dengan nomor rekening 024.191.3801 atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari

Donatur yang telah menyerahkan bantuan, dimohon memberikan sms konfirmasi ke nomor HP: 0896.3612.86.89 (Taufik Raharjo), dengan format sebagai berikut:

  • DonasiSuriah#Nama#Alamat#JumlahTransfer#Bank# TanggalTransfer

Contoh: DonasiSuriah#Muhammad#Semarang#1.000.000#Mandiri#21/11/2012

Sebagai pertanggung jawaban atas kegiatan ini, perkembangan penyaluran donasi dan laporannya insya Allah akan kami update secara berkala melalui page facebook Peduli Muslim (facebook.com/Peduli.Muslim), serta situs pedulimuslim.com


Adapun kaum muslimin yang ingin berpartisipasi dari sisi pembiayaan operasional relawan, dapat menyalurkan donasinya melalui rekening berikut:

BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta, dengan nomor:

  • 77.55.33.11.15 (Umum, infaq, sedekah, & tanggap bencana)
  • 77.55.33.11.26 (Zakat Mal)
  • 77.55.33.11.37 (Misi Kemanusiaan Luar Negeri)
  • 77.55.33.11.48 (Operasional & Relawan)

Semuanya atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari

  • Rekening di atas bisa menerima transfer dari Bank manapun.
  • Untuk transfer via ATM / Internet Banking, gunakan kode bank tujuan “BNI” – Untuk transfer dari luar negeri, gunakan Swift Code: BNINIDJA (Sistem banking BNI Syariah terkoneksi dengan BNI Konvensional) Jazakumullah khaira

*) Semua uang yang ada di dalam rekening ini adalah milik kas Peduli Muslim, tidak tercampur dengan uang pribadi.

  • Mohon setiap setelah mengirimkan donasi, diharap agar menyampaikan konfirmasi via sms ke nomor +62.8232.258.9997 (Ramdhan Hidayat)

Semoga Allah ta’ala mengikhlaskan ucapan dan langkah-langkah kita untuk ikut serta meringankan beban dan derita yang dialami oleh saudara-saudara kita di Suriah. Sesungguhnya Allah ta’ala Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan doa. Aamiin.

—————-

Misi Kemanusiaan Peduli Muslim di Suriah

One Comment

  1. Abdul Rahim Al-arifi says:

    Ya Allah, berikan rizki kepada kami agar bisa berjihad dengan harta yang engkau karuniakan kepada kami.
    Ya Allah, bukakanlah mata orang-orang kaya negeri ini untuk mendermakan hartanya di jalan Engkau ya Rabbana.
    Ya Allah, Berikan kami kekuatan yang berada di negeri yg aman untuk dapat menyalurkan bantuan baik, harta atau jiwa kami.
    Ya Allah ya Robbana, menangkanlah Mujahidin di negeri Syam yang engkau berkahi ya Allah.

    Aamiin.

Leave a Reply