Daftar Calon Penerima Zakat Mal Peduli Muslim di Kawasan Merapi Agustus 2013

Pada bulan Agustus 2013 ini, sasaran penyaluran Zakat Mal Peduli Muslim difokuskan di daerah kawasan rawan bencana Merapi, tepatnya di dusun Kaliadem dan dusun Petung, desa Kepuharjo Sleman Yogyakarta. Ketika terjadi erupsi tahun 2010, kedua dusun tersebut termasuk yang paling parah terkena erupsi sehingga seluruh warganya terpaksa diungsikan.

Dusun Kaliadem | urbanesia.com

Erupsi Merapi 2010 banyak menghancurkan aset-aset pekerjaan masyarakat (lahan pertanian dan hewan ternak) sehingga tidak sedikit warga yang kini menganggur. Sebelum erupsi, sebenarnya mereka cukup produktif. Dengan hilangnya aset tersebut, menimbulkan dampak psikologis bagi mereka karena mereka sudah terlanjur bekerja dengan memanfaatkan aset-aset tersebut (lahan pertanian / hewan ternak). Di antara efeknya ialah mereka jadi pesakitan dan mudah marah.

Dampak psikologis ini juga dialami anak-anak. Trauma mereka terhadap awan panas, masih mereka alami sampai sekarang. Ketika mereka melihat awan biasa, rasa panik mereka muncul.

Alhamdulillah, setelah erupsi berakhir, pemerintah Indonesia memberikan bantuan pembangunan rumah bagi warga. Hasil bantuan tersebut dapat Anda lihat sekarang. Kemudian, jika Anda melihat tampilan rumah tersebut, akan tampak dari luar mereka seolah-olah sudah pulih dari keterpurukan. Akan tetapi, sesungguhnya kondisi riil mereka masih sangat perlu membutuhkan bantuan, terutama motivasi dan modal untuk memulai usaha kembali.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, Peduli Muslim bekerjasama dengan tim KKN UGM yang bertugas di wilayah Kepuharjo, mendata warga yang dianggap masuk dalam kategori layak menerima zakat mal. Kami memfokuskan dua dusun, yaitu dusun Kaliadem dan dusun Petung. Dari pendataan tersebut, kami memperoleh hasil bahwa di dusun Kaliadem ada 134 KK yang berhak menerima zakat dan 97 KK di dusun Petung.

Metode penentuan warga yang berhak menerima zakat, ditentukan meninjau kriteria:

  • Pekerjaan
  • Penghasilan per bulan
  • Kondisi fisik / kesehatan
  • Penyakit yang diderita
  • Ada atau tidaknya kartu jaminan kesehatan dari pemerintah

Berdasarkan kriteria di atas, ada orang yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), tetapi tetap kami masukkan dalam data kami menimbang kondisi anggota keluarganya yang lain yang ditanggungnya.

Data selengkapnya, dapat Anda lihat dalam file berikut ini:

Data Calon Penerima Zakat Mal Dusun Kaliadem (134 KK) dan dusun Petung (97 KK)

Ketika tulisan ini diturunkan, harta zakat mal belum kami salurkan karena kami masih akan melakukan seleksi dan pemantauan lagi, karena nominal yang nanti dibagikan tidak sama rata, disesuaikan dengan tingkat prioritas kebutuhan. Total harta yang akan kami salurkan kepada warga tersebut adalah Rp. 30.000.000,00 (tiga puluh juta rupiah).

——

Peduli Muslim membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menitipkan zakatnya melalui rekening zakat Peduli Muslim, untuk disalurkan kepada saudara-saudari kita yang termasuk dalam delapan golongan yang berhak menerima zakat. Anda dapat melakukan transfer ke rekening berikut

Bank Syariah Mandiri, no: 705.2169.555, atas nama Peduli Muslim YPIA

Rekening ini khusus diperuntukkan untuk keperluan zakat mal semata (tidak untuk infaq, sedekah, dan donasi umum).

Anda yang telah mentransfer uang zakat, dimohon untuk memberikan konfirmasi (via sms)  ke nomor +62.852.0113.5000 (Damar Ramadhani), dengan menyebutkan identitas, rekening bank tempat Anda transfer, tanggal transfer, dan keperluan transfer. Contoh formatnya adalah sebagai berikut:

Abdullah#Rp.2.500.000#BRI#10 Mei 2013#Zakat Mal
—–
Adapun kaum muslimin yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan umum Peduli Muslim (sedekah / non zakat mal), dapat menyalurkan donasinya melalui rekening berikut:

BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta, dengan nomor:

  • 77.55.33.11.15 (Umum, infaq, sedekah, & tanggap bencana)
  • 77.55.33.11.26 (Zakat Mal)
  • 77.55.33.11.37 (Misi Kemanusiaan Luar Negeri)
  • 77.55.33.11.48 (Operasional & Relawan)

Semuanya atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari

  • Rekening di atas bisa menerima transfer dari Bank manapun.
  • Untuk transfer via ATM / Internet Banking, gunakan kode bank tujuan “BNI” – Untuk transfer dari luar negeri, gunakan Swift Code: BNINIDJA (Sistem banking BNI Syariah terkoneksi dengan BNI Konvensional) Jazakumullah khaira

 

NB: Untuk memudahkan pencatatan laporan keuangan, mohon setiap setelah mengirimkan donasi, agar menyampaikan konfirmasi via sms ke nomor +628.961.546.4449 (Muhammad Iqbal)

Leave a Reply