Kaki Nyeri Seperti Tertusuk Jarum: Penyebab dan Cara Penanganannya

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum rubrik tanya dokter.

Ibu saya berumur 51 tahun, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga. Setiap saya pulang ke rumah sering kali mengeluhkan nyeri-nyeri pada telapak kakinya. Kata beliau, rasanya seperti ditusuk-tusuk jarum. Awal tahun ini nyerinya merata diseluruh telapak kedua kaki beliau dan ketika dipakai untuk jalan kaki katanya sakit sekali. Tapi, akhir-akhir ini kata beliau tinggal di telapak kaki ujung belakang atau bahasa jawanya tungkak. Saya beberapa kali nawari supaya diperiksakan ke dokter namun beliau menolak.

Mau tanya, kira-kira penyakit apa yang ada pada telapak kaki beliau? Berbahayakah penyakit tersebut? Bagaimana cara mengatasi dan menyembuhkan penyakit tersebut? Jazaakallahu khoiron

Ega – UII

eg*******@yahoo.com

Jawab:

Wa’alaikum salam wa rahmatullahi wa barakatuh.
Fascitis-PlantarTerima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan. Semoga Anda dan keluarga senantiasa dalam penjagaan Allah.
Nyeri pada telapak kaki biasanya disebabkan karena peradangan pada plantar facia, yaitu jaringan yang berada di bawah kaki yang menyambungkan tulang tumit pada ibu jari kaki. Kondisi ini dalam istilah medis disebut plantar fascitis.
Gangguan nyeri pada telapak kaki  bisa disebabkan karena beberapa hal berikut :
  1. Aktivitas kaki yang berlebih. Lari-lari, berjalan maupun naik tangga pun bisa mengakibatkan tekanan yang berlebihan terhadap tulang tumit Anda maupun jaringan lunak yang terikat di situ, sehingga bisa menimbulkan nyeri pada telapak kaki.
  2. Bentuk anatomi kaki. Telapak kaki yang terlalu datar atau memiliki lekuk yang terlalu besar ternyata lebih sering mengalami nyeri pada telapak kaki.
  3. Penggunaan alas kaki yang tidak sesuai. Alas kaki yang tak sesuai seperti  sol yang tipis, longgar, maupun tidak ada sokongan buat lekuk kaki dapat memicu terjadinya nyeri pada telapak kaki.  Apabila Anda dengan rutin mengenakan sepatu yang mempunyai tumit tinggi, maka tendon Achilles, yaitu tendon yang menempel di tumit anda bisa berkontraksi (apakah itu menegang maupun memendek) mengakibatkan terjadi pergeseran di jaringan seputar tumit.
  4. Faktor usia. Nyeri telapak kaki lebih sering ditemui lantaran penuaan yang mengakibatkan lekuk kaki kian mendatar, memunculkan tekanan terhadap plantar fascia.
  5. Berat badan berlebih. Berat badan yang berlebih dapat menyebabkan tekanan yang berlebih sehingga mengakibatkan rusaknya jaringan lemak pada bawah tulang tumit sehingga menyebabkan nyeri pada telapak kaki.
  6. Pengaruh kehamilan. Berat badan yang bertambah pada ibu hamil maupun pembengkakan kaki yang terjadi selama kehamilan bisa menyebabkan nyeri pada telapak kaki.
  7. Pengapuran dan pengeroposan tulang tumit.  Adanya pengapuran dan pengeroposan juga dapat memicu terjadinya nyeri pada telapak kaki, terutama daerah tumit.
Adapun hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan nyeri pada telapak kaki antara lain :
  1. Jika berat badan berlebih, usahakan untuk diet yang baik disertai dengan olahraga yang teratur.
  2. Hilangkan kebiasaan jalan dengan tergesa-gesa. Berjalanlah dengan santai, rileks, dan dengan langkah yang seimbang.
  3. Gunakan sepatu yang pas dan sesuai ukuran serta nyaman dipakai. Jangan menggunakan sepatu dengan hak tinggi.
  4. Merendam kaki dengan air hangat dan dingin secara bergantian dapat mengurangi nyeri pada telapak kaki jika dilakukan secara rutin dan teratur.
Jika hanya gangguan nyeri karena plantar fascitis, insyaAllah tidak berbahaya. Namun, jika keluhan dirasakan terus memberat, sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.
.
dr. Adika Mianoki
[Ketua tim medis Peduli Muslim & co founder situs edukasi kesehatan www.kesehatanmuslim.com]*

*) Anda yang ingin membaca berbagai informasi seputar masalah kesehatan, silakan kunjungi situs www.kesehatanmuslim.com

Anda yang ingin menyampaikan pertanyaan seputar masalah kesehatan, silakan mengirimkannya melalui email [email protected]

One Comment

  1. naya says:

    assalamualaikum, saya naya usia 31. sebulan terakhir ini kadang kadang merasa sakit pada bagian tengah bantalan telapak kaki saya. biasanya juga, kalau jari tengah di gerakkan, bagian tersebut terasa sakit juga. itu apa sebabnya ya dok ? jazakallah.

Leave a Reply