Bantuan untuk Janda “S” yang Rumahnya Hampir Rubuh

Sekitar satu bulan yang lalu, kami mendapat laporan bahwa ada seorang Janda (berinisial Ny. “S”) yang rumahnya hampir rubuh. Segera kami melakukan kroscek dengan mendatangi kediaman beliau pada Senin, 24 Mei 2013 yang lalu. Beliau tinggal di pedukuhan Gowo, Triwidadi Bantul Yogyakarta.

Ternyata benar, rumah Ny. S memang hampir rubuh. Rumah ini terbuat dari anyaman bambu beralaskan tanah, dibangun pada tahun 80-an oleh suami Ny. S dengan dibantu beberapa warga. Foto rumah beliau dapat Anda lihat di bawah ini

Rumah Janda yang Hampir Rubuh

Rumah Ny. “S” terbuat dari anyaman bambu dan beralaskan tanah | Foto: Peduli Muslim

.

Beliau memiliki lima orang anak. Ketiga anaknya sudah merantau, dan kini beliau tinggal bersama kedua putrinya: satu masih duduk di bangku SLTP, sedangkan satunya lagi baru lulus tahun ini dari SMK. Yang membuat kami salut pada diri beliau adalah -berdasarkan penuturan warga- beliau sampai saat ini sama sekali tidak memiliki hutang pada orang lain. Ini karena beliau memang sangat takut berurusan dengan hutang. Beliau mengandalkan usahanya dari bertani.

Dengan kondisi yang serba sangat terbatas tersebut, kami juga salut karena putrinya masih mampu belajar sehingga nilai kelulusannya pun kami lihat cukup baik.

Di kediaman beliau, kami juga berdiskusi dengan beberapa warga sekitar membahas renovasi rumah Ny. S ini. Dalam diskusi tersebut, kami baru mengetahui bahwa rumah anyaman bambu khas jawa tersebut hanya bisa diperbaiki dengan membangun ulang. Jika ada satu susunan bambu rusak diperbaiki, nanti akan merembet ke bambu-bambu lainnya yang justru akan ikut rusak pula. Yang sangat memungkinkan justru merubuhkan rumah tersebut, lalu membangunnya lagi dengan bata dan semen sebagaimana rumah pada umumnya, meskipun dengan bentuk yang sederhana.

Di akhir pertemuan tersebut, Peduli Muslim memberikan santunan Rp. 1.000.000,00, yang sebenarnya ini merupakan titipan dari segenap donatur Peduli Muslim. Jazahumullah khaira

Kami berencana akan memberikan santunan untuk membantu pembangunan kembali rumah beliau, disesuaikan dengan donasi yang ada. Oleh karena itu, jika ada dari pembaca Peduli Muslim yang ingin membantu program ini, dapat meyalurkan donasinya melalui rekening berikut:

BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta, dengan nomor:

  • 77.55.33.11.15 (Umum, infaq, sedekah, & tanggap bencana)
  • 77.55.33.11.26 (Zakat Mal)
  • 77.55.33.11.37 (Misi Kemanusiaan Luar Negeri)
  • 77.55.33.11.48 (Operasional & Relawan)

Semuanya atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari

  • Rekening di atas bisa menerima transfer dari Bank manapun.
  • Untuk transfer via ATM / Internet Banking, gunakan kode bank tujuan “BNI” – Untuk transfer dari luar negeri, gunakan Swift Code: BNINIDJA (Sistem banking BNI Syariah terkoneksi dengan BNI Konvensional) Jazakumullah khaira

 

Mohon setiap setelah mengirimkan donasi, agar menyampaikan konfirmasi via sms ke nomor +628.961.546.4449 (Muhammad Iqbal)

Catatan:

Rekening di atas juga menerima donasi untuk program-program Peduli Muslim lainnya, seperti beasiswa pelajar kurang mampu, pelayanan kesehatan gratis, santunan biaya operasi rumah sakit, saluran informasi donor darah, khitanan massal, bantuan pengembangan usaha bagi warga kurang mampu, operasional dan teknis tim, dan lain-lain.

Oleh karena itu, para donatur diharap memberikan konfirmasi transfer pada nomor CP di atas, untuk memudahkan “Peduli Muslim” dalam mengalokasikan anggaran.

Semoga Allah ta’ala mengikhlaskan langkah kita semua dalam berkhidmat kepada kaum muslimin. اللهم آمين

السَّاعِي عَلَى الأَرْمَلَةِ وَالمِسْكِينِ، كَالْمُجَاهِدِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، أَوِ القَائِمِ اللَّيْلَ الصَّائِمِ النَّهَارَ

“Orang yang membantu para janda, dan orang miskin, seperti orang yang berjihad di jalan Allah, atau seperti orang yang tahajud di malam hari dan puasa di siang hari.“

(HR. Bukhari & Muslim)

—–

*) Untuk menjaga etika, kami tidak menyebutkan nama asli, tetapi nama inisial. Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut, dapat langsung mendatangi kantor Peduli Muslim di Pogung Kidul SIA XVI Rt. 01 Rw. 49 No. 8C Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta (Utara Fakultas Teknik UGM).

Leave a Reply