Bantuan Pengembangan Usaha untuk Keluarga Kurang Mampu (Mas Is & Bu Ayu)

Sejak awal mula berdiri, Peduli Muslim menyalurkan donasi kaum muslimin kepada warga kurang mampu yang terkena musibah sakit, atau dalam bentuk bantuan beasiswa. Setelah menangani beberapa case, kami memandang perlunya membuka donasi bagi mereka yang kurang mampu, tetapi berupa donasi produktif, yaitu berupa bantuan yang bisa memberikan pancingan bagi penerimanya untuk mengembangkan usahanya sehingga diharapkan dirinya mampu mengembangkan potensi dirinya secara mandiri guna mencari penghasilan.

Bantuan seperti ini, kami pandang lebih bermanfaat dibandingkan sekadar memberikan bantuan yang bersifat konsumtif, seperti sembako gratis, beras gratis, makanan gratis, atau sejumlah uang tunai bagi saudara-saudara kita yang kurang mampu tersebut. Ini karena bantuan tersebut, hanya bersifat konsumtif: akan habis setelah dikonsumsi, dan tidak menimbulkan nilai tambah. Berbeda jika bantuan yang diberikan adalah bantuan untuk pengembangan usaha.Ini karena bantuan tersebut, hanya bersifat konsumtif: akan habis setelah dikonsumsi, dan tidak menimbulkan nilai tambah. Berbeda jika bantuan yang diberikan adalah bantuan untuk pengembangan usaha. Dengan bantuan ini, pihak penerima dapat menggunakannya untuk memulai membuka atau mengembangkan usaha yang bisa menghasilkan pendapatan, sehingga memacu dirinya agar tidak perlu lagi disubsidi orang lain.

Case pertama yang kami buka adalah Bantuan Donasi untuk Mas Is dan Bu Ayu (sepasang suami istri), yang tinggal di Pogung Kidul Yogyakarta. Belum lama ini warung mereka berdua (Warung Nasi Bakar Bu Ayu) digusur. Sebelumnya, kondisi ekonomi mas Is boleh dikata “cukup” untuk sekadar kebutuhan makan sehari-hari dan biaya pendidikan kedua anaknya. Akan tetapi, sejak warungnya dibongkar paksa oleh sebagian oknum tetangganya, spontan beliau tidak lagi memiliki lahan penghasilan tetap.

warung bu ayu

Di atas seng tersebut akan dibangun tempat lesehan

Ketika awal-awal pembongkaran warung, mas Is sampai tidak memiliki biaya untuk membayar SPP TK putranya, sehingga mendapatkan santunan dari Peduli Muslim. Dengan musibah ini, Bu Ayu merasa sangat terpukul, karena bingung darimana harus mendapatkan penghasilan.

Alhamdulillah, menurut dzahir yang kami lihat: mas Is memiliki tipikal pekerja keras, bukan tipikal peminta-minta sehingga beliau langsung berusaha membuka lagi usaha baru. Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, melalui donasi di situs beliau darushsholihin.com, telah menyalurkan bantuan awal kepada mas Is sehingga mas Is bersemangat untuk memulai usaha lagi.

Dapur

Dapur dalam warung makan mas Is & bu Ayu

Perlu diketahui pula mas Is dan bu Ayu masih satu tempat tinggal dengan orang tua mas Is yang masih beragama nasrani. Ibu mas Is awalnya muslimah, kemudian pindah ke agama nasrani mengikuti agama suaminya. Dulu, wilayah Pogung memang menjadi sasaran nasranisasi. Mas Is awalnya juga beragama nasrani, tetapi atas kesadaran sendiri akhirnya pada 1994 masuk agama Islam.

Oleh karena itu, kondisi keterpurukan yang dialami mas Is dan bu Ayu di atas, jangan sampai menjadi celah bagi kaum missionaris untuk mengajak mas Is kembali ke agama nasrani melalui bantuan ekonomi. Ini adalah kepedulian kita, sesama muslim untuk membantu meringankan beban saudaranya, sesuai kemampuan yang kita miliki.

warung mas is 1

Warung mas is 1mas Is mulai membangun sendiri warung barunya, di bawah seng merah. Bangunan yang tampak di sisi atas samping seng merah adalah Aula warga yang masih dalam proses pembangunan.

Melihat kesungguhan Mas Is tersebut, kami berinisiatif membuka donasi pengembangan usaha yang ditujukan kepada beliau. Anda yang tertarik dengan kegiatan donasi ini, dapat menyalurkan donasinya melalui rekening berikut:

BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta, dengan nomor:

  • 77.55.33.11.15 (Umum, infaq, sedekah, & tanggap bencana)
  • 77.55.33.11.26 (Zakat Mal)
  • 77.55.33.11.37 (Misi Kemanusiaan Luar Negeri)
  • 77.55.33.11.48 (Operasional & Relawan)

Semuanya atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari

  • Rekening di atas bisa menerima transfer dari Bank manapun.
  • Untuk transfer via ATM / Internet Banking, gunakan kode bank tujuan “BNI” – Untuk transfer dari luar negeri, gunakan Swift Code: BNINIDJA (Sistem banking BNI Syariah terkoneksi dengan BNI Konvensional) Jazakumullah khaira

Untuk mempermudah kami dalam membuat laporan keuangan yang transparan, mohon setiap setelah mengirimkan donasi, diharap agar menyampaikan konfirmasi via sms ke nomor +628.961.546.4449 (Muhammad Iqbal) atau ke email: [email protected]

*Note: Kaum muslimin yang ingin berpartisipasi dengan kami dalam menangani kasus-kasus sosial kemanusiaan yang lain lain (beasiswa pelajar kurang mampu, pelayanan kesehatan daerah kurang mampu, santunan biaya operasi rumah sakit, donor darah, sunnatan massal, bantuan pelajar kurang mampu di lereng Merapi, operasional & teknis tim, dll) dapat menyalurkan donasinya melalui rekening di atas pula.

Leave a Reply