Bantuan Kemanusiaan ke Syam | Program Ramadhan 1437 / 2016 M

Lima tahun sudah perang berkecamuk di bumi Suriah, yang merupakan kawasan terbesar bumi Syam. Rakyat Suriah masih berada di bawah kebrutalan pemerintahan diktator sosialis syi’ah nushairiyyah Bashar Al Assad, yang disokong sesama pemerintahan sosialis, Rusia, dan didukung sesama pemerintahan syi’ah, Iran. Syrian Centre for Policy Research (Februari 2016) memperkirakan bahwa total jiwa yang terbunuh dalam perang ini mencapai 470.000 jiwa. Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi, UNHCR, mengestimasikan bahwa jumlah pengungsi Suriah mencapai lebih dari 7.600.000 orang.

Dari pantauan tim Peduli Muslim yang awal tahun 2016 ini menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Suriah, didapati bahwa kondisi masyarakat Suriah sangat memprihatinkan. Di malam hari, mereka harus waspada dari serangan udara dari langit, sedangkan di siang hari harus bertahan dan berjaga dari luncuran peluru. Belum lagi mereka harus bersabar dari faksi/kelompok bersenjata tertentu yang keras, yang kerapkali membunuh pihak-pihak yang tidak sependapat dengan sepak terjang mereka yang keliru.

Di bumi Syam yang lain, Palestina, juga masih dalam keterpurukan karena penindasan kaum penjajah Yahudi. Penjarahan tanah, pembangunan tembok pemisah, hingga penembakan mati kepada warga sipil terus saja terjadi tanpa mengenal lagi apa yang disebut “rasa kemanusiaan”.

Melihat hal tersebut di atas, Peduli Muslim berinisiatif untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke negeri Syam, dengan target waktu penyaluran di bulan Ramadhan 1437 nanti. Bantuan ini, diharapkan dapat membantu masyarakat sipil muslim Syam untuk menikmati suasana ibadah di bulan Ramadhan. Mulai saat ini, program Suriah dan Palestina kami masukkan ke dalam program bantuan Syam karena dua kawasan tersebut sama-sama merupakan wilayah Syam. Mana akses yang lebih dulu mudah untuk ditembus, akan kami masuki, sebagaimana program-program sebelumnya.

Kaum muslimin yang ingin berpartisipasi dalam program bantuan kemanusiaan ini, dapat menyalurkan donasinya melalui rekening khusus misi kemanusiaan luar negeri berikut:

BNI Syariah Yogyakarta dengan nomor rekening 04444.4321.1 atas nama Peduli Muslim

Donatur yang telah menyerahkan bantuan, dimohon memberikan sms konfirmasi ke nomor HP: +62.823.2258.9997 (nomor khusus bendahara), dengan format sebagai berikut:

  • BNI321#Peduli Syam#Nama#Alamat#JumlahTransfer#Bank Asal Transfer# TanggalTransfer

Contoh: BNI321#Peduli Syam#Muhammad#Semarang#50.000#Mandiri #01/04/2016

Seluruh dana yang masuk ke rekening di atas dari hari Jumat, 21 rajab 1437 / 28 April 2016 M hingga Sabtu 20 Ramadhan 1437 / 25 Juni 2016, insya Allah keseluruhannya akan dialokasikan untuk Program Syam.

Adapun kaum muslimin yang ingin berpartisipasi dari sisi pembiayaan operasional & SDM, dapat menyalurkan donasinya melalui rekening berikut:

Bank BNI Syariah Yogyakarta, no. rekening 04444.4322.2 atas nama Peduli Muslim
  • Disarankan setiap setelah mengirimkan donasi, agar menyampaikan konfirmasi via sms ke nomor +62.8232.258.9997 (nomor khusus bendahara)
  • Format konfirmasi transfer: BNI222#Operasional & SDM #Nama#Alamat#JumlahTransfer#Bank Asal Transfer# TanggalTransfer
  • Contoh: BNI222#Operasional & SDM #Abdullah#Balikpapan#50.000#BCA#1/04/2016

Semoga Allah ta’ala mengikhlaskan ucapan dan langkah-langkah kita untuk ikut serta meringankan beban dan derita yang dialami oleh saudara-saudara kita di Syam. Sesungguhnya Allah ta’ala Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan doa. Aamiin.

One Comment

Leave a Reply