Bantuan untuk Dek Kholifah yang Terkena Gizi Buruk & Cholestasis (Penyumbatan Saluran Empedu)

PJ Case: Abdiyat Sakrie, S.Ked
  • Nama pasien : Kholifah
  • Tanggal lahir : 25 Mei 2012
  • Alamat : Klumprit 02/04 Cilacap
  • Nama orang tua : Sarianto

Kholifah harus menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas sejak hari Rabu, tanggal 27 Februari 2013. Kholifah merupakan anak dengan gizi buruk yang datang ke Poliklinik Anak RSUD Banyumas dengan keluhan diare dan demam. Diare yang dialaminya ini berimbas pada tubuhnya berupa dehidrasi (kekurangan cairan) yang juga semakin memperparah kondisi Kholifah.

Disamping itu Kholifah juga didiagnosis dengan Cholestasis yaitu suatu penyakit berupa penyumbatan pada saluran cairan empedu sehingga badan Kholifah tampak berwarna kuning. Penyakit ini sudah lama diketahui dan butuh pengobatan setiap hari. Saat ini sudah hampir 5 bulan orang tua Kholifah kontrol ke dokter untuk penyakitnya ini.

Kholifah terkena Cholestasis

Pada awal permintaan untuk dirawat inap, orang tua sempat menolak. Orang tua beralasan tidak memiliki uang untuk biaya perawatan anaknya. Namun dokter mencoba meyakinkan kepada orang tua untuk dapat merawat anaknya di rumah sakit mengingat kondisi dek Kholifah yang tidak memungkinkan jika dirawat sendiri oleh orang tua di rumah.
Pada akhirnya orang tua menyetujuinya, dan saat ini Kholifah sedang menjalani perawatan untuk gizi buruk dan diare di bangsal anak Rumah Sakit Umum Banyumas. Setelah tim Peduli Muslim mencari informasi, orang tua Khalifah tidak mendapat jaminan kesehatan.

Orang tua Kholifah harus membayar dengan uang pribadi. Orang tua Kholifah mempunyai dua orang anak. Kholifah adalah anak yang kedua. Sehari-hari orang tua Kholifah berjualan kecil-kecilan di rumahnya di perkampungan Klumprit.

Oleh karena itu, kami menghimbau kaum muslimin sekalian, yang memiliki kelebihan rizki, untuk berkenan membantu dek Kholifah yang saat ini sedang menjalani perawatan di bangsal anak “Kanthil” di RSUD Banyumas.

—-
Kaum muslimin yang ingin berpartisipasi dengan kami dalam menangani kasus-kasus seperti yang dialami oleh Kholifah ini, beserta kasus2 sosial kemanusiaan lain (beasiswa pelajar kurang mampu, pelayanan kesehatan daerah kurang mampu, santunan biaya operasi rumah sakit, donor darah, sunnatan massal, bantuan pelajar kurang mampu di lereng Merapi, operasional & teknis tim, dll) dapat menyalurkan donasinya melalui rekening berikut:

BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta, dengan nomor:

  • 77.55.33.11.15 (Umum, infaq, sedekah, & tanggap bencana)
  • 77.55.33.11.26 (Zakat Mal)
  • 77.55.33.11.37 (Misi Kemanusiaan Luar Negeri)
  • 77.55.33.11.48 (Operasional & Relawan)

Semuanya atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari

  • Rekening di atas bisa menerima transfer dari Bank manapun.
  • Untuk transfer via ATM / Internet Banking, gunakan kode bank tujuan “BNI” – Untuk transfer dari luar negeri, gunakan Swift Code: BNINIDJA (Sistem banking BNI Syariah terkoneksi dengan BNI Konvensional) Jazakumullah khaira

Untuk mempermudah kami dalam membuat laporan keuangan yang transparan, mohon setiap setelah mengirimkan donasi, diharap agar menyampaikan konfirmasi via sms ke nomor +628.961.546.4449 (Muhammad Iqbal) atau ke email: [email protected]

————-

Update 20/3/2013

Sejak dilakukan penggalangan dana pada 5/3/2013, Alhamdulillah telah masuk beberapa donasi yang ditujukan untuk dek Kholifah. Namun, tanpa sepengetahuan kami, ternyata orang tua dek Kholifah memutuskan pulang dari Rumah Sakit. Mungkin keputusan ini diambil karena pihak keluarga merasa tidak mampu membayar biaya rumah sakit dan belum tahu bahwa telah ada donasi melalui Peduli Muslim. Oleh karena itu, insya Allah Jumat (22/3) atau Sabtu (23/3), nanti tim Peduli Muslim akan mencari dan mendatangi kediaman keluarga dek Kholifah, sekaligus membujuk mereka bahwa dek Kholifah memerlukan penanganan intensif di rumah sakit, serta meyakinkan mereka bahwa untuk keperluan biaya, insya Allah Peduli Muslim akan membantu.

————-

Update 23/3/2014

Alhamdulillah, pada Sabtu 23/3/2013 menjelang maghrib kemarin, kami telah mengunjungi kediaman dek Kholifah, di desa Klumprit Cilacap. Kami menyerahkan amanah kaum muslimin sekalian kepada orang tua dek Kholifah, Pak Sarianto. Penyerahan amanah ini dilakukan oleh sukarelawan Peduli Muslim (Yosia C Sulistian).

Tm Peduli Muslim, diwakili Yosia C Sulistian (kanan) menyerahkan amanah kaum muslimin kepada orang tua dek Kholifah.

Tm Peduli Muslim, diwakili Yosia C Sulistian (kanan) menyerahkan amanah kaum muslimin kepada orang tua dek Kholifah.

Donasi yang terkumpul untuk dek Kholifa mencapai Rp. 1.750.000,00. Di tengah perjalanan menuju Cilacap, ada satu lagi muhsinin yang memberikan konfirmasi transfer Rp. 100.000,00 sehingga total donasi kaum muslimin untuk dek Kholifah adalah Rp. 1.850.000,00. Kemudian, tim Peduli Muslim menggenapkannya menjadi Rp. 2.000.000,00

Kami mengucapkan Jazakumullah khaira pada segenap kaum muslimin dan rekan-rekan volunteer atas partisipasinya dalam kegiatan sosial-kemanusiaan yang kami adakan.

————

Sakit yang diderita dek Kholifah memerlukan perawatan intensif yang cukup lama. Oleh karena itu, donasi untuk dek Kholifah ini tetap kami buka. Kaum muslimin yang ingin ikut berpartisipasi mendonasikan hartanya, baik untuk dek Kholifah maupun untuk case Peduli Muslim yang lain, dapat menyalurkannya melalui rekening kami yang tercantum di atas.

Leave a Reply