Misi Peduli Muslim ke Negara yang Masuk Daftar Hitam OFAC

Sungguh mengagetkan kami ketika kami mengetahui bahwa Somalia termasuk negara yang masuk dalam daftar hitam OFAC (The Office of Foreign Assets Control). OFAC merupakan lembaga di bawah Departemen Keuangan Amerika yang memiliki kewenangan untuk mengembargo perdagangan terhadap negara yang terdaftar, bahkan terhadap entitas yang berkerjasama dengannya. Meskipun OFAC merupakan lembaga di Amerika, perbankan Indonesia ternyata turut menjadikan OFAC sebagai acuan. Hal itu mengakibatkan pengiriman dana ke Somalia (meskipun ke NGO resmi di negara tersebut dan meskipun itu adalah dana kemanusiaan) tidak bisa dilakukan.

Bisa Anda bayangkan betapa terkucilnya Somalia dari bantuan internasional, apabila banyak negara dunia tidak berani membuka layanan transaksi keuangan ke Somalia, hanya gara-gara takut terhadap sebuah lembaga yang beroperasi di negara bernama Amerika. Tentu ini berdampak pada sedikitnya bantuan internasional yang tersalurkan ke Somalia.

Tidak terdistribusikannya bantuan secara merata di penjuru Somalia, mengakibatkan warga pelosok berbondong-bondong mengungsi ke Mogadishu, berharap lebih mudah mendapatkan akses bantuan pangan. Dalam kunjungan kami di bulan Mei 2017 kemarin, kami dapati +/- 600.000 jiwa pengungsi di kota Mogadishu.

Alhamdulillah, walaupun dengan kondisi di atas, Tim Peduli Muslim mendapatkan kemudahan yang luar biasa dari Allah untuk dapat menyalurkan bantuan kemanusiaan langsung ke Somalia. Dan insya Allah, di momen Idhul Adha 1438 / 2017 nanti, Peduli Muslim kembali datang ke Somalia untuk menyalurkan titipan qurban kaum muslimin Indonesia.

Di samping qurban, kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin turut membantu masyarakat Somalia, dalam program bantuan yang lain, khususnya dalam hal pangan. Donasi Anda, dapat disalurkan melalui rekening khusus misi luar negeri Peduli Muslim

BNI Syariah (Kantor Cabang Yogyakarta), no: 04444.4321.1 a.n. Peduli Muslim

  • Masa donasi program Somalia ini dibatasi pada tanggal 7 hingga 24 Agustus 2017.
  • Donasi yang masuk ke rekening di atas dalam rentang waktu tersebut (7-24 Agustus 2017), insya Allah sepenuhnya dialokasikan untuk program Somalia.
  • Donasi ke rekening di atas setelah tanggal 24 Agustus 2017, akan dianggap sebagai donasi program misi luar negeri secara umum.

Semoga Allah menganugerahkan keikhlasan dalam hati-hati kita untuk berkhidmat pada kemaslahatan kaum muslimin. Dan semoga Allah mengentaskan musibah kelaparan yang menimpa saudara-saudara kita di Somalia. Aamiin.

Leave a Reply