Informasi Penting bagi Para Shahibul Qurban Program Suriah yang Telah Mentransfer Dananya ke Rekening Peduli Muslim | 2016

Insya Allah, besok Ahad (4/9/16) pukul 21.00 merupakan penutupan Program Tebar Hewan Qurban Suriah. Alhamdulillah, hingga saat ini sudah terkumpul alokasi hingga sekitar 130 kambing (fiksasi data akan dipublish setelah tanggal 4 September).

Dalam kesempatan ini, kami bermaksud menyampaikan kepada publik, khususnya shahibul qurban yang telah mentransfer dananya dan calon shahibul qurban yang di hari terakhir besok ingin bergabung dalam program Qurban Suriah, bahwa misi penyaluran bantuan kemanusiaan ke Suriah saat ini terasa lebih sulit dibanding waktu-waktu sebelumnya. Alhamdulillah, di tahun-tahun sebelumnya, Peduli Muslim dimudahkan Allah menyalurkan titipan qurban ke Suriah tanpa ada kendala berarti. Adapun saat ini, ada beberapa risiko-risiko yang harus kami sampaikan kepada publik karena terkait amanah dana yang dititipkan kepada kami.

Perlu diketahui bahwa relawan-relawan lokal (warga Asli Suriah) yang kami rekrut untuk membantu misi penyaluran, terus berguguran satu persatu. Yang terakhir, dan terasa begitu berat bagi kami adalah gugurnya sahabat kami (warga asli Suriah relawan Peduli Muslim) di Aleppo pada Selasa, 23 Agustus 2016 yang lalu. Bahkan, menurut kabar yang disampaikan kepada kami saat itu, bahwa hingga Rabu pagi 24 Agustus 2016, jenazah beliau belum bisa dikuburkan karena “ganasnya” medan perang Aleppo ketika itu. Beliau adalah relawan yang paling berperan dalam suksesnya program penyaluran qurban tahun 2015 yang lalu.

Insya Allah, Peduli Muslim tetap berupaya menyalurkan bantuan ke Suriah, seberat apapun tantangan di sana. Akan tetapi, menimbang amanah besar yang dititipkan kepada kami, kami merasa harus menyampaikan kepada publik bahwa dalam misi bantuan ke Suriah ini ada kemungkinan dana/bantuan tidak tersalurkan, karena risiko-risiko di bawah ini:

  • Medan perang Suriah masih “ganas”
  • Jalur distribusi dari Idlib ke Aleppo yang masih rawan serangan udara
  • Relawan-relawan Peduli Muslim yang kami rekrut dari warga lokal, satu persatu gugur (semoga mereka dinilai mati di jalan Allah). Maka, tidak menutup kemungkinan sisa relawan yang menjalankan misi distribusi bantuan besok, akan turut gugur pula meskipun ini tidak kita harapkan.

Demikian pula, perlu kami sampaikan bahwa kami memohon udzur apabila nanti tim kami tidak bisa/kesulitan mendokumentasikan satu persatu hewan qurban, sesuai dengan nama shahibul qurbannya. Pelaksanaan ibadah qurban dalam suasana perang, perlu dilakukan cepat sehingga teknis pendokumentasian bisa terjadi tidak maksimal, apalagi tim harus tetap waspada dari serangan udara yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Meskipun demikian, tim kami tetap akan berusaha melaksanakan amanah semaksimal mungkin.

Berdasarkan hal tersebut di atas, kami sampaikan kepada para shahibul qurban yang telah mentransfer dana pembelian kambing Suriah ke rekening kami, apabila Anda ragu/khawatir dana Anda tidak tersalurkan dengan baik mengingat risiko-risiko yang kami sebut di atas, kami SIAP dengan SEGERA mentransfer balik / mengembalikan uang Anda utuh 100% sebelum pelaksanaan qurban dimulai.

Adapun bagi Anda yang pada hari Ahad besok ingin turut berpartisipasi dalam program qurban Suriah, harap sudah siap dengan risiko-risiko yang kami sampaikan tersebut.

Terkait teknis pengembalian uang, Anda bisa menghubungi CP di nomor yang sama persis ketika Anda mengirimkan sms/pesan konfirmasi qurban Anda.  Jika Anda ingin uang qurban dikembalikan, harap segera menghubungi CP sesegera mungkin sebelum Idhul Adha.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga misi penyaluran bantuan ke Suriah ini dimudahkan Allah. Dan Allah menjaga keikhlasan kita, dan membalas kita dengan pahala atas tekad kita dalam berkhidmat untuk kemaslahatan kaum muslimin. Aamiin.

Sabtu, 3 September 2016
Tertanda,
Ginanjar Indrajati Bintoro | Ketua Peduli Muslim

2 Comments

  1. epy says:

    Masya Allah…
    antum di pedulimuslim.com sangat amanah sampai menyampaikan kendala yg berat dilapangan serta berniat mengembalikan dana qurban yg ada.
    Akhi…saudara kita di suriah sangat memerlukan dan kami pun mendukung antum utk terus maju melaksanakan amanah ini.saudara2 kita di suriah insya Allah telah syahid dan semoga Allah mensyahidkan kita semua karenanya.

Leave a Reply