Donasi Newcastle Central Mosque

Kaum muslimin yang bermukim di Newcastle upon Tyne, Inggris, saat ini sedang berjuang untuk menyelesaikan pembangunan masjid mereka. Masjid yang diharapkan akan menjadi salah satu pusat pendidikan Islam di kawasan Timur Laut Inggris ini, membutuhkan bantuan dana dari berbagai pihak untuk dapat menyelesaikan fase kedua dan fase ketiga tahapan pembangunannya. Di Ramadan ini, Newcastle Central Mosque menargetkan penggalangan dana sebesar £450.000 (sekitar 8 Milyar Rupiah).

Sebagai komitmen Peduli Muslim untuk berkhidmat bagi umat, Peduli Muslim dengan ini mengajak kaum muslimin di tanah air untuk turut membantu perjuangan saudara-saudara kita di Newcastle upon Tyne.

Bagi kaum muslimin yang ingin ikut berdonasi dapat melakukan transfer ke rekening berikut:

DALAM BENTUK RUPIAH

BNI Syariah (Kantor Cabang Yogyakarta)
No. Rekening: 430.4444.308 a.n. Peduli Muslim, Yayasan
Kode transfer bank: 009 (sama dengan BNI)
Format donasi: mohon menambahkan angka 44 diakhir besaran donasi yang ditransfer. Misal donasi Rp. 100.000, maka mohon mentransfer sebesar 100.044. Hal ini untuk mempermudah pengidentifikasian donasi yang masuk.
Konfirmasi donasi ke: +6281225417015 (Susanto Budi)
Format konfirmasi: Nama#Tanggal Donasi#Jumlah Donasi

DALAM BENTUK POUNDSTERLING ATAU MATA UANG LAINNYA

Jika ingin berdonasi dalam mata uang selain rupiah, silahkan menghubungi nomor berikut melalui WhatsApp: +447493151898 (Djuang F Sodikin)

Batas donasi periode 1 adalah 28 Ramadan 1438 H/23 Juni 2017. Donasi yang terkumpul pada periode 1 insyaallah akan diserahkan pada 29 Ramadan 1438 H.

Untuk informasi lebih lanjut silakan menguhubungi Contact Person di +6281225417015 (Susanto Budi) atau dengan mengikuti campaign di social media dengan hashtag #BantuMasjidNewcastle.

Program ini merupakan kerja sama antara Peduli Muslim, Al-Imanu (Indonesian Muslims Association Newcastle upon Tyne), dan Newcastle Central Mosque (buildncm.com).

—————————————————–

Video terlampir merupakan dokumentasi pembangunan fase pertama Newcastle Central Mosque yang telah terhenti lebih dari satu tahun karena kurangnya dana untuk pembangunan fase berikutnya:

—————————————————–

Berikut tulisan salah seorang warga Indonesia yang bermukim di Newcastle upon Tyne mengenai kondisi Newcastle Central Mosque:

Saya tinggal di kawasan Fenham, di kota Newcastle upon Tyne, Britania Raya. Di kawasan ini, banyak kaum muslimin yang tinggal menetap. Banyak juga toko-toko yang menjual makanan halal. Dan yang lebih menggemberikan, banyak masjid yang berlokasi di kawasan ini. Salah satunya, adalah masjid yang saya gunakan untuk sholat lima waktu, Newcastle Central Mosque.

Di masjid ini, puluhan kaum muslimin melaksanakan solat limat waktu setiap harinya. Ratusan jama’ah melaksanakan solat Jum’at setiap pekannya. 400an anak-anak kaum muslimin belajar ilmu agama. Banyak di antara jamaah dan anak-anak itu, adalah kami, yang berasal dari Indonesia.

Tak terbilang anak sekolah—baik itu muslim atau pun non-muslim—yang telah hadir dalam program school visit mereka. Tak terhitung non-muslim yang telah hadir untuk mendengarkan bagaimana Islam yang sebenarnya. Banyak di antara mereka yang kemudian menyatakan keislamannya. Di masjid ini pula diadakan majelis-majelis yang paling mulia—majelis dimana ayat-ayat Allah dan hadis-hadis Rasulullah dibacakan.

Tapi. Kaum muslimin di sini, merasa masjid ini masih kurang nyaman untuk solat lima waktu. Puluhan hingga ratusan jamaah kadang harus solat di luar bangunan ketika solat Jum’at atau ketika solat taraweh karena keterbatasan daya tampung. Waiting list yang panjang harus dibuat bagi anak-anak kaum muslimin yang ingin belajar agama, karena keterbatasan ruang belajar.

Karenanya, sebagian saudara kita merasa perlu untuk membesarkan dan memperbagus rumah Allah ini. Agar kualitas ibadah kaum muslim bisa semakin meningkat. Agar tidak perlu lagi ada jamaah yang solat di luar bangunan ketika solat Jum’at  atau pun taraweh. Agar semakin banyak juga anak-anak kaum muslimin yang bisa belajar agama. Agar pula, semakin banyak non-muslim yang tahu keindahan agama Islam. Dan agar agama Allah terus terjaga—bahkan berkembang—di belahan barat bumi Allah ini.

Alhamdulillah. Sebagai salah satu dari puluhan negara yang merupakan asal kaum muslimin yang menggunakan masjid ini, warga Indonesia dari tahun ke tahun telah turut membantu upaya pembangunan Newcastle Central Mosque. Tahun lalu, tidak hanya warga Indonesia yang bermukim di Newcastle yang ikut membantu, tapi juga warga Indonesia yang berada di tanah air ikut menyumbang.

Di bulan yang mulia ini, hati kami, warga Indonesia yang tinggal di Newcastle kembali tergerak untuk memanfaatkan kesempatan emas ini dengan menggalang dana, untuk membantu pembangunan fase berikutnya, fase kedua dan fase ketiga Newcastle Central Mosque.

Kesempatan emas, bukan hanya besarnya ganjaran yang Allah berikan bagi mereka yang turut membantu dalam membangunan masjid,  tapi kesempatan emas juga karena kita sedang berada di bulan yang mulia ini, di Bulan Ramadhan, sehingga ganjaran yang Allah berikan akan berlipat ganda.

Untuk saudara kami di tanah air, mari bantu kami untuk mendirikan rumah Allah, di belahan barat bumi Allah ini.

Leave a Reply