Dokumentasi Talk Show Kesehatan Peduli Muslim di Jogja Islamic Book Bazaar 2013

Peserta Talk Show Kesehatan

Peserta Talk Show Kesehatan

Pada Ahad, 7 April yang lalu, Peduli Muslim mengadakan Talk Show Kesehatan Islam, dengan mengangkat tema: Studi KasusFenomena Manusia Paku “Sikap Bijak Menyikapi Pengobatan Alternatif”. Materi talkshow ini disampaikan oleh dr. Arifuddin, Sp.Ot, dengan dimoderatori dr. Adika Mianoki. Acara ini diselenggarakan di panggung Jogja Islamic Book Bazaar 2013, seusai Isya’ hingga pukul 21.00. Meskipun ketika itu turun hujan, ternyata tidak mengurangi minat pengunjung Islamic Book Bazaar untuk menghadiri acara talkshow ini. Bahkan, sebagian peserta harus berdiri karena kursi yang disediakan panitia Bazaar ternyata tidak bisa menampung seluruh peserta.

Dalam acara talkshow ini, dr. Arifuddin menjelaskan berbagai pengobatan alternatif yang beredar di masyarakat. Dari berbagai model pengobatan alternatif yang ada, ternyata masih banyak pengobatan yang bertentangan dengan ajaran syariat Islam. Salah satu contoh kasus yang diangkat dr. Arifuddin adalah kasus penyakit aneh yang menimpa Ny. Supiyati. Di dalam tubuh wanita tersebut terdapat berbagai macam logam seperti paku dan kawat yang jumlah keseluruhannya mencapai lebih dari 2000 buah.

Ny. Supiyati dan keluarga sudah mencoba berbagai upaya baik medis maupun non medis untuk mengobati penyakit tersebut. Dari pengobatan yang dilakukan, ada juga pengobatan yang bertentangan dengan syariat Islam sehingga tidak bisa menyembuhkan secara total, bahkan semakin memperparah sakitnya. Namun, akhirnya Ny. Supiyati bisa mendapatkan pengobatan medis dan pengobatan syar’i yang dapat mengobati penyakitnya.

Substansi yang disampaikan dalam taslkshow kesehatan Islam ini adalah hendaknya kaum muslimin bersikap bijak dalam menyikapi berbagai macam pengobatan alternatif yang beredar di masyarakat. Jangan sampai mengambil cara pengobatan yang bertentangan dengan syariat Islam.

Di akhir acara ini, diadakan kuis berhadiah bagi peserta yang bisa menjawab beberapa pertanyaan pemateri talkshow. Setelah itu, diadakan pula acara “Launching”, pengenalan Peduli Muslim kepada masyarakat Yogyakarta.

Peduli Muslim di Jogja Islamic Book Bazar 2013

Peduli Muslim di Jogja Islamic Book Bazar 2013

.

dokter Arifuddin, Sp.Ot (kiri) dan Rahadian Faisal, S.Ked (kanan).

dokter Arifuddin, Sp.Ot (kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan Peduli Muslim kepada salah satu tim medis acara pengobatan gratis di desa miskin Gunung Kidul.

 

Leave a Reply