Pembantaian di Desa Balyun, Suriah

Senin, 5 Agustus 2013 waktu Suriah

Sekitar jam 10.00 pagi, tim relawan Peduli Muslim berkeliling di wilayah Idlib untuk menyebarkan bantuan langsung kepada para warga, yang anggota keluarganya meninggal dunia akibat serangan rezim Al-Assad dan sekutunya dari kalangan Syiah. Masing-masing keluarga kami beri santunan $ 100 (sekitar satu juta rupiah). Penyaluran baru di beberapa tempat. Di tengah perjalanan, tiba-tiba ada pesawat rezim yang bersliweran di atas langit. Menimbang alasan keamanan, kami memutuskan untuk pulang.

Tidak lama sampai di markas relawan, kami diajak warga untuk ikut meninjau desa Balyun, yang baru saja dijatuhi bom barmil (برميل) oleh pasukan rezim.

Catatan: “BARMIL” adalah kata yang sangat ditakuti oleh sebagian besar kaum muslimin Suriah. Barmil adalah bom yang berbentuk tong, beratnya sekitar 150-250 kg. Apabila dijatuhkan dari jarak 4-6 km, kekuatannya berubah menjadi berton-ton, dan akan menghancurkan apa saja yang ada di bawahnya, walaupun bangunan bertingkat 3-5 tingkat.

Desa Balyun sesungguhnya hanya lokasi pemukiman penduduk sipil biasa, dan bukan medan pertempuran. Medan pertempuran yang sesungguhnya, justru sedang tidak ada aktivitas apapun. Inilah yang membuat kami heran. Kalau benar pihak rezim menuduh kaum mujahidin yang berperang secara nyata melawan mereka sebagai teroris, mengapa mereka saat itu tidak menggempur garis depan mujahidin, tetapi mengapa justru menyerang pemukiman warga sipil? Apakah hanya karena pemukiman itu dihuni umat muslim sunni?

Dalam pembantaian itu, kami dapati lebih dari dua puluh lima orang meninggal dunia dengan kondisi tubuh luka parah sampai nyaris tidak berbentuk lagi. Para korban tersebut bukanlah dari kalangan mujahidin, tetapi dari kalangan anak-anak dan wanita sipil.

Pembantaian Balyun

Potongan kaki tubuh anak kecil, korban pembantaian Balyun. Untuk alasan etika, foto kami blur | Foto: Abu Abdillah / Peduli Muslim

Di bawah ini, beberapa foto yang dapat kami ambil ketika terjadi proses evakuasi warga yang tertimbun reruntuhan bangunan.

Anda yang ingin berpartisipasi dengan kami dalam program bantuan untuk warga korban perang Suriah, silakan klik link Pedulimuslim.com/donasi-suriah

Leave a Reply