Dokumentasi: Layanan Kesehatan Gratis di Lereng Merapi

Pada hari Ahad 17 Maret 2013 yang lalu, tim Peduli Muslim mengadakan layanan kesehatan gratis di dusun Tritis Girikerto Turi, lereng Merapi Yogyakarta. Alhamdulillah, kegiatan ini dapat terlaksana karena Allah kemudian bantuan donasi dari kaum muslimin sekalian.

Sebelum acara ini dilaksanakan, sesuai permintaan warga, terlebih dahulu diselenggarakan pengajian pembuka. Alhamdulillah, antusiasme warga cukup besar. Kalangan ibu-ibu yang mengikuti kegiatan ini lebih banyak daripada bapak-bapak sehingga karena masjid tidak cukup untuk menampung jama’ah ibu-ibu, sebagiannya menyimak pengajian dari luar.

Peduli Muslim mengadakan pengajian terlebih dahulu sebelum Layanan Kesehatan Gratis dimulai.

Peduli Muslim mengadakan pengajian terlebih dahulu sebelum Layanan Kesehatan Gratis dimulai.

.Setelah acara pengajian selesai, tim medis langsung siap melayani masyarakat. Kegiatan ini dipisah antara laki-laki perempuan. Oleh karena itu, tim medis pun dibagi dua: tim putra dan tim putri, dengan masing-masing tiga dokter (tiga dokter putra dan tiga dokter putri), dan dibantu rekan-rekan mahasiswa-mahasiswi dari berbagai jurusan: kedokteran, farmasi, gizi, dan keperawatan Universitas Gajah Mada.

Dokumentasi Peduli Muslim

Salah seorang warga sedang diperiksa tekanan darahnya

Warga diperiksa dokter di ruang dalam

Warga diperiksa dokter di ruang dalam

Setelah acara Layanan Kesehatan Gratis ini selesai, tim Peduli Muslim memberikan hadiah kepada dua puluh enam anak yatim yang dirawat Pak Pardjo.

Pak Pardjo adalah tokoh masyarakat dusun Tritis yang berinisiatif merawat anak-anak yatim. Untuk keperluan itu, beliau membangun pondokan yang diberi nama “Pesantren Mu’adz bin Jabal”.

Dalam sehari-harinya, biaya yang dikeluarkan pak Parjo untuk memberi makan anak-anak yatim ini adalah Rp. 65.000 per hari (untuk 26 anak tersebut).

Penyerahan hadiah kepada 26 anak yatim selepas acara Layanan Kesehatan Gratis usai. Penyerahan dilakukan oleh dr. Adika Mianoki (baju putih).

Penyerahan hadiah kepada 26 anak yatim selepas acara Layanan Kesehatan Gratis usai. Penyerahan dilakukan oleh dr. Adika Mianoki (baju putih) kepada Pak Pardjo dan perwakilan anak-anak yatim (lima anak).

Insya Allah, kegiatan Layanan Kesehatan Gratis ini akan dijadikan agenda rutin Peduli Muslim, dengan sasaran prioritas daerah-daerah miskin, terpencil, atau rawan kristenisasi. Adapun, rencana tujuan lokasi berikutnya adalah di Gunung Kidul, bekerjasama dengan pesantren Darusshalihin yang dikelola Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal.

Anda yang ingin berpartisipasi dengan kami dalam program kesehatan ini (dan juga kegiatan-kegiatan kami yang lain) dalam hal donasi, dapat menyalurkan donasinya melalui rekening berikut:

BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta, dengan nomor:

  • 77.55.33.11.15 (Umum, infaq, sedekah, & tanggap bencana)
  • 77.55.33.11.26 (Zakat Mal)
  • 77.55.33.11.37 (Misi Kemanusiaan Luar Negeri)
  • 77.55.33.11.48 (Operasional & Relawan)

Semuanya atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari

  • Rekening di atas bisa menerima transfer dari Bank manapun.
  • Untuk transfer via ATM / Internet Banking, gunakan kode bank tujuan “BNI” – Untuk transfer dari luar negeri, gunakan Swift Code: BNINIDJA (Sistem banking BNI Syariah terkoneksi dengan BNI Konvensional) Jazakumullah khaira

NB: Untuk memudahkan pencatatan laporan keuangan, mohon setiap setelah mengirimkan donasi, agar menyampaikan konfirmasi via sms ke nomor +628.961.546.4449 (Muhammad Iqbal).

 

 

 

 

Leave a Reply